Minggu, 06 Mei 2012


LAPORAN PRAKTEK  KERJA INDUSTRI
PEMERIKSAAN KARBURATOR SUPRA X 125D
DIBENGKEL JAYA MOTOR
Jl. Pemuda Petarukan - Pemalang



















Disusun Oleh :

Nama : INDRA AGUS SURYANTO
NIS     :
Kelas  : XI MO 1

TEKNIK KENDARAAN RINGAN
SMK NEGERI 1 AMPELGADING PEMALANG
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Halaman Pengesahan

Laporan Prakerin dengan judul “Pemeriksaan Karburator Supra X 125D” telah disetujui oleh Pimpinan Bengkel Jaya Motor dan disahkan oleh Pembimbing Laporan Prakerin , sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Kompetensi Semester (UKS) dan kenaikan tingkat di SMK Negeri 1 Ampelgading tahun pelajaran 2011/2012. Telah disetujui dan disahkan pada :



Hari                 :


Tanggal         :





Menyetujui,                                                                                       Mengesahkan,
Pimpinan Bengkel Jaya Motor                                          Pembimbing Laporan Prakerin
Petarukan                                                                             SMK Negei 1 Ampelgading




Edi                                                                                          Teguh Setiawan, S.Pd
NIP.

Mengetahui,
Kepala SMK N 1 Ampelgading



Drs. H. Sobirin, M. Pd.
NIP. 196303307 198803 1 012
Motto Dan Persembahan

Motto
§ Scince Without Religion Is Blind
             ( Ilmu tanpa agama adalah buta )
§ Pride Is The Beginning Of Destruction
                ( kesombongan adalah awal dari keruntuhan )
§ The Less a man thinks, The More He talks
              ( Makin sedikit seorang berpikir, makin banyak dia bicara )
§ Action Speak Louder Than Word
                 ( Perbuatan lebih baik daripada hanya kata – kata )
§ To Forgive Is Good, To Forget Is Better
                 ( Memaafkan itu baik, tetapi melupakan adalah lebih baik lagi)


 Persembahan
Laporan prakerin ini saya persembahkan kepada :
v  Ayah dan ibu yang selalu memberi dorongan dan motivasi
v  Kepala SMK NEGERI 1 AMPELGADING
v  Kepala program teknik mekanik otomotif
v   Pembimbimg laporan prakerin
v  Wali kelas XI MO1
v  Pembimbing prakerin
v  Serta teman – teman yang banyak memberi dukungan kepada penulis











Kata Pengantar

Alhamdulillah kami ucapkan atas selesainya prakerin sampai dengan penulisan laporan ini, dimana pelaksanaanya telah berlangsung dengan baik dan lancar. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras kami yang didukung oleh semua pihak. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.Kepala SMK Negeri 1 Ampelgading
2.Kepala Program teknik otomotif
3.Pembimbing bengkel
4.Pembimbing sekolah
5.Teman – teman dan semua pihak yang telah membantu
Kami menyadari bahwa pelaksanaan prakerin sampai dengan penulisan laporan ini masih banyak ditemukan kekurangan , untuk kami mengharapkan kritik dan sumbang saran yang membangun demi perbaikan yang berkelanjutan.



                                                                                    Ampelgading, Mei 2012


Indra Agus Suryanto











Daftar Isi

Halaman Judul............................................................................................                        i
Lembar Pengesahan...................................................................................                       ii
Motto dan Persembahan............................................................................                        iii
Kata Pengantar..........................................................................................              iv
Daftar Isi.....................................................................................................               v

BAB l PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang................................................................................             1
B.   Tujuan Prakerin...............................................................................                        1
C.   Tujuan Penulisan Laporan..............................................................                      1

BAB ll ISI
A.   Dasar Teori...................................................................................                2
B.   Trouble Shooting...........................................................................              2
C.   Pembongkaran.............................................................................               3
D.   Pemeriksaan..................................................................................              4
E.   Pemasangan / Perakitan (Penyetelan)..........................................                     5
F.    Pengujian.......................................................................................              5
BAB lll PENUTUP
A.   Kesimpulan....................................................................................              7
B.   Saran ............................................................................................                7

Lampiran


BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
            Penyelenggaraan praktek kerja industri (Prakerin) merupakan implementasi pendidikan sistem ganda untuk menjamin kesesuaian materi yang ada disekolah dengan kebutuhan di dunia usaha/industri dengan menganut dasar hukum sebagai berikut :
1.    UU Nomor 2 tahun 1989, tentang Pendidikan Nasional
2.    PP No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah
3.    PP No. 39 tahun 1992 tentang Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional
4.    Kemendikbud No. 0490/U/1992, tentang Sekolah Menengah Kejuruan
5.    Kemendikbud No. 080/U/1993, tentang Kurukulum Sekolah Menengah Kejuruan
Adanya prakerin, sekolah dapat menjalin kerja sama dengan dunia usaha / industri sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

B.Tujuan Prakerin
1.    Menjalin kerja sama antara sekolah dan DU/DI
2.    Mengenalkan siswa pada kegiatan usaha
3.    Melatih siswa sebagai tenaga kerja di industri
4.    Membentuk mental siswa agar siap kerja setelah lulus

C.Tujuan Penulisan Laporan
Laporan Prakerin dibuat sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Kompetensi Semester (UKS) dan kenaikan tingkat di SMK Negeri 1 Ampelgading tahun pelajaran 2011/2012


BAB II
ISI

A. Landasan Teori

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan nama Karburator, tapi apakah semua sudah tahu komponen apa saja yang ada di dalamnya serta bagaimana perawatan karburator yang baik. Karburator dapat diartikan sebuah jantung bagi sepeda motor. Karena, tanpa piranti penyuplai bahan bakar ini, mesin motor tak akan berfungsi. Untuk itulah perlu adanya perhatian khusus terhadap karburator.
1. Pengertian Karburator
Karburator berfungsi mencampur bahan bakar dengan udara dalam ukuran yang tepat (sesuai kebutuhan) untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang pembakaran (silinder) dalam bentuk kabut. Kebersihan dan penyetelan yang tepat pad karburator sangat berpengaruh pada kinerja mesin secara keseluruhan. Karburator yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi suplai bahan bakar, dan bila itu terjadi maka pembakaran menjadi tidak sempurna, akibatnya kendaraan kurang bertenaga bahkan bisa mogok. Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna dapat mengakibatkan mesin cepat panas dan knalpot mengeluarkan asap yang tidak normal sehingga mengakibatkan terjadinya polusi udara.

2. Bagian – Bagian Karburator

Bagian-bagian dari karburator serta fungsinya :
1. Mangkok Pelampung (Float Chamber) Menampung sementara bahan bakar dari tangki sebelum di proses (dialirkan ke ruang pembakaran)
2. Pelampung (Floate) Mengatur bahan bakar dalam ruangpelampung karburator agar permukaannya tetap sehingga tidak meluap dan masuk ke ruang pembakaran.    
3. Katup pelampung ( needle valve/floater valve ) Menutup saluran suplai bahan bakar dari tangki bila bahan bakar dalam ruang pelampung karburator telah penuh                                                                                                                                4. Katup gas/skep ( throttle valve ) Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang akan dialirkan ke dalam ruang pembakaran ( silinder ).                                            5. Jarum gas / jarum skep ( Jet needle ) Mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang masuk melalui spuyer ketika motor digas dengan pembukaan katup ¼ sampai dengan ¾.                                                                                                        6. Pegas ( throttle valve spring ) Mengembalikan posisi skep pada posisi terendah saat kabel gas dolepas (tidak digas).         
Gambar Bagian-Bagian Karburator
7. Pemancar jarum ( main nozzle / needle jet ) Memancarkan bahan bakar waktu motor digas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
 8. Pemancar utama ( main jet / spooyer ) Memancarkan bahan bakar pada waktu putaran tinggi ( Kabel gas ditarik penuh )
 9. Pemancar kecil / stationer ( slow jet/pilot jet ) Memancarkan bahan bakar ketika motor dalam keadaan langsam / stationer /idle.
 10. Sekrup udara ( air screw ) Mengatur jumlah udara yang bercampur dengan bahan bakar.
11. Sekrup / baut gas ( throttle screw ) Mengatur posisi pembukaan katup/skep untuk posisi langsam ( stationer )
12. Katup cuk ( choke valve ) Menutup saluran udara yang masuk ke karburator agar terjadi percampuran kaya untuk sementara. Digunakan apabila menghidupkan mesin dalam keadaan dingin                                   


B. TROUBLE SHOOTING
NO
Keluhan/Gejala
Sumber Penyebab
Keterangan
1
Mesin susah hidup/sering mati
Karburator kotor
Dibersihkan
2
Bensin bocor lewat selang kecil untuk pembuangan
Katup Pelampung tidak pas/rusak
Disesuaikan/diganti
3




C. Pembongkaran
1. Siapkan alat-alat & bahan


- Obeng min (–)
- Obeng plus (+)
- Kunci pas 10 mm
- Kunci pas 7 mm
- Kuas
- Tempat bensin
- Karburator
- Kompresor





2. Buka karburator dari sepeda motor.
3. Lepaskan/buka karburator assy yang terdiri
dari ( O–ringcap cabel sealing,
katup throttle/piston, spring/pegas, needle
jet/jarum ).
4.Buka mangkok pelampung /float chamber
set sehingga terlihat pelampung,
mainjetslow jet.
5. Lepaskan/buka secara hati-hati pelampung
dan jarumnya.
6. Lepaskan/buka main jet.
7. Lepaskan/buka slow jet.
8. Lepaskan/buka screw set/skrup pengatur
udara.
9. Lepaskan/buka screw set/skrup pengatur
bahan bakar.


D. Pemeriksaan
       Langkah kerja pemeriksaan karburator :
1. Periksa katup throttle/piston
2. Periksa cap cable sealing
3.Periksa spring/pegas
4.Periksa main jet/saluran utama
5.Periksa slow jet/saluran idle/langsam
6.Periksa screw set/skrup pengatur udara
7.Periksa screw set/skrup pengatur bahan bakar
8.Periksa tiap lubang saluran karburator
NB: Periksa komponen karburator dari : tergores/luka bergaris-garis,rusak/aus, patah, bocor,tersumbat, kotor dll.



E. Pemasangan/Perakitan (Penyetelan)
Langkah kerja Pemasangan karburator :
1. Bersihkan karburator
2. Pasang/rakit kembali karburator
dengan cara kebalikan dari
prosedur/cara pembongkaran.
3. Setel air screw/skrup pengatur udara sesuai standard
4.Setelah selesai, bersihkan dan   kembalikan semua peralatan dan bahan yang telah digunakan pada tempat yang disediakan.

F.    Pengujian
1.    Hidupkan mesin
2.    Putarlah sekrup penahan skep (thtrottle) sehingga putaran mesin menniggi
3.    Putarlah sekrup pengatur udara (air screw/pilot screw) kearah kanan hingga putaran mesin menurun
4.    Putarlah kembali ke kiri agar putaran mesin naik kembali. (Berhentlah memutar saat putaran mesin agak naik)
5.    Dengan posisi sekrup seperti ini putaran mesin agak tinggi, maka untuk menurunkannya putarlah sekrup penahan kep kearah kiri hingga putaran mesin pada kecepatan yang sesuai dengan spesifikasi.



BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa karburator merupakan komponen yang sangat penting.Karburator dapat diartikan sebuah jantung bagi sepeda motor. Karena,tanpa piranti penyuplai bahan bakar ini, mesin motor tak akanberfungsi. Untuk itulah perlu adanya perhatian khusus terhadap komponen ini. Adanya kendala yang menghambat Aliran bahan bakar pada karburator,dapat membawa petaka pada sepeda motor kesayangan anda.
Karburator yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi suplai bahan bakar, dan bila itu terjadi maka pembakaran menjadi tidak sempurna, akibatnya kendaraan kurang bertenaga bahkan bisa mogok. Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna dapat mengakibatkan mesin cepat panas dan knalpot mengeluarkan asap yang tidak normal sehingga mengakibatkan terjadinya polusi udara.
B. Saran
Perawatan maupun setting karburator bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi,karena adanya bagian- bagian penting yang ada di dalam karburator ini, disarankanuntuk mempercayakan kepada bengkel resmi. Langkah awal yang harus dilakukan sebelum menyetel karburator adalah dengan melihat spesifikasi dari tipe motor. Karena setiap tipe, karbunya pasti berbeda. Sebaiknya Kita juga bisa melihat kondisi motor apakah sudah ada perubahan ataupun penambahan pada parts pendukung, seperti knalpot racing atau yang lainnya. Karena adanya pernggantian ini bisa mempengaruhi setelan pada karburator.
DAFTAR PUSTAKA
Gunadi. 2000. Teknik otomotif. Jakarta, CV. ARYADUTA
http:// www. google.com
http://sinergionline.blogspot.com/2009/10/servis-sepeda-motor.html
http://inclovedia.blogspot.com

0 komentar:

Copyright © 2012 inclovedia™ | Another Theme | fixed by inclovedia™